Rabu, 28 Desember 2016

BAB 6 (PELAPISAN SOSIAL)

BAB 6  >  Pelapisan Sosial dan Persamaan derajat


MIND MAPPING

1.     Pelapisan Sosial
A.      Pengertian
Pelapisan sosial adalah masyarakat yang terbentuk dari individu-individu. Individu-individu yang terdiri dari berbagai latar belakang tentu akan membentuk suatu masyarakat heterogen yang terdiri dari kelompok-kelompok sosial. Dalam buku “Dictionary of sociology” pelapisan masyarakat berarti jenjang status dan peranan yang relatif permanen yang terdapat di dalam sistem sosial didalam hal pembedaan hak, pengaruh dan kekuasaan.

B.      Pelapisan Sosial ciri tetap kelompok sosial
Pembagian dan pemberian kedudukan yang berhubungan dengan jenis kelamin telah menjadi dasar dari seluruh sistem sosial masyarakat kuno.
Didalam organisasi masyarakat primitifpun dimana belum mengenal tulisan, pelapisan masyarakat sudah ada itu sudah ada. Pendapat tradisional tentang masyarakat primitif sebagai masyarakat yang komunistis yang tanpa hak milik pribadi dan perdagangan adalah tidak benar.

C.      Terjadnya Pelapisan Sosial
-          Terjadi dengan sendirinya : proses ini berjalan sesuai dengan pertumbuhan masyarakat itu sendiri
-          Terjadi dengan disengaja : sistem pelapisan yang disusun dengan sengaja ditujukan untuk mengejar tujuan bersama.
Menurut sifatnya, sistem pelapisan dalam masyarakat dapat dibedakan menjadi :
a.       Sistem Pelapisan Masyarakat yang tertutup
Didalam sistem ini permindahan anggota masyarakat kelapisan yang lain baik ke atas maupun kebawah tidak mungkin terjadi, kecuali ada hal-hal yang istimewa.
b.      Sistem Pelapisan Masyarakat yang terbuka
Didalam sistem yang sedemikian ini setiap anggota masyarakat memiliki kesempatan untuk jatuh ke lapisan yang ada dibawahnya atau naik ke lapisan yang diatasnya.

2.     Kesamaan Derajat
Sifat perhubungan antara manusia dan lingkungan masyarakat pada umumnya adalah timbal balik, artinya orang orang itu sebagai anggota masyarakat, mempunyai hak dan kewajiban baik terhadap masyarakat maupun terhadap pemerintah dan negara. Kesamaan derajat ini terwujud dalam jaminan hak yang diberikan dalam berbagai sektor kehidupan. Hak inilah yang banyak dikenal dengan Hak Asasi Manusia.

3.     Elite dan Massa
Elite dapat diartikan sekelompok orang terkemuka dibidang-bidang tertentu dan khsusnya golongan kecil yang memegang kekuasaan. Massa diwakili oleh orang orang yang berperan serta dalam perilaku massal sepertinya mereka yang terbangkitkan minatnya oleh beberapa peristiwa nasional, mereka yang menyebar diberbagai tempat, mereka yang tertarik pada suatu peristiwa pembunuhan sebagai diberitakan dalam pers, atau mereka yang berperanserta dalam suatu migrasi dalam arti luas.

4.     Pembagian Pendapat
1.       Komponen Pedapat
2.       Perhitungan Pendapat

3.       Distribusi Pendapat

1 komentar:

  1. youtube.com/view-2d/2018 - Videosl
    YouTube has made the switch to YouTube Channel 4, and now the channel will be open. Videosl has created videosl download youtube video to mp3 for the YouTube channel 4, with the caption: "The channel".

    BalasHapus