Rabu, 23 Maret 2016

MACAM-MACAM WISATA DAN PARIWISATA DI INDONESI

MACAM-MACAM WISATA DAN PARIWISATA DI INDONESIA
1. Wisata Bahari Wisata bahari merupakan wisata yang bertujuan untuk menyajikan nuansa laut atau lebih dikenal wisata laut, contohnya: Pantai Baron di Desa Kemadang. Nusa Lembongan di diantara pulau Bali dan Nusa Penida.
·         Pariwisata regional (regional tourism) yaitu kegiatan pkepariwisataan yang dikembangkan dalam suatu wilayah tertentu, dapat regional dalam lingkup nasional maupun internasional. Misal, Kepariwisataan bali, Jakarta dll. Contohnya : Pantai Baron Di Yogyakarta. Nusa Lembongan di Bali.


• PANTAI BARON
Pantai Baron adalah salah satu obyek wisata berupa pantai yang terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung kidul. Lokasi Pantai Baron dapat ditempuh 40 km dari pusat kota Yogyakarta. Asal mula nama Pantai Baron berasal dari nama seorang bangsawan asal Belanda yang bernama Baron Skeber. Bangsawan tersebut pernah mendaratkan kapalnya di pantai selatan tepatnya di pantai yang saat ini terkenal dengan sebutan Pantai Baron. Jalan menuju obyek wisata Pantai Baron cukup baik untuk dilalui kendaraan pribadi, sepeda motor dan bus. Keunikan Pantai Baron adalah adanya sunga bawah tanah yang mengalir cukup deras ke arah lautan. Sungai bawah tanah tersebut mengalir ke arah laut dan membentuk sebuah sungai.

 2. Wisata alam Wisata alam adalah wisata yang mempunyai perjalanan yang memanfaatkan sumber daya alam dan tata lingkungan sebagai obyek tujuan wisata, seperti : obyek wisata Tebing Citatah sebuah kawasan tebing yang terletak di kawasan Citatah di Kabupaten Bandung Barat , Bukit Jaddih di Surabaya, Bukit Kapur Arosbaya ini berlokasi di Parseh Jawa Timur, Mangku Sakti adalah wisata air terjun di Lombok Timur, Wae Rebo berada di Kabupaten Manggarai, tepatnya di Kecamatan Satarmese Barat, Desa Satar Lenda , Pulau Pahawang yaitu destinasi wisata di Propinsi Lampunng, Danau Kaolin di Belitung, dan Goa Gong terletak di Desa Bomo yang menyajikan kedamaian di hutan dan berbagai pemandangan dari atas tebing , bukit, pulau, danau dan gunung atau Air terjun. Lokasi wisatanya pun terletak di alam.


 • AIR TERJUN MANGKU SAKTI
 Mangku Sakti adalah wisata air terjun. Objek tersebut berada di tengah hutan taman nasional gunung Rinjani Desa Sajang, Kecamatan Sembalun Kabupaten Lombok Timur. Untuk menuju wisata air terjun Mangku Sakti ini tidak sulit. Jika berangkat dari masbagek Lombok Timur bisa melalui dua rute. Rute pertama Masbagek, Aikmel, Pringgabaya, Sambalia, Kokok Putik kemudian Desa Sajang (kecamatan sembalun). Rute kedua Masbagek, aikmel suwela Sembalun Bumbung,Sembalun Lawang kemudian Desa Sajang. lokasi berjarak sekitar 45 kilometer dari Kota Selong.







• GOA GONG
Goa Gong terletak di Desa Bomo, Kecamatan Punung, Donorejo, sekitar 140 km arah selatan kota Solo atau 30 km arah Barat Daya Kota Pacitan.Dinamakan Goa Gong karena didalamnya terdapat sebuah batu yang jika dipukul akan menimbulkan bunyi seperti Gong yang ditabuh. Perjalanan menuju goa ini relatif mudah, dengan jalanan setapak yang sudah diperbaiki dengan baik. Sepanjang jalan menuju Goa Gong akan melewati daerah perbukitan yang dengan goa-goa di dalamnya. Goa-goa di Pacitan ini pada umumnya terbentuk dari jenis batuan Karst, batu yang tampak hitam dan sangat keras. Pada awal mulanya Goa Gong diketemukan oleh dua orang penduduk lokal yang tanpa sengaja sedang ingin mencari sumber air. Jangan membayangkan keadaan goa yang gelap dan menakutkan, karena saat masuk ke mulut goa yang sejauh 300 M, pengunjung akan menikmati goa Gong ini dengan nyaman. Tidak benar-benar terang, tapi goa Gong di fasilitasi dengan cahaya lampu yang temaram di sepanjang jalan masuknya. Hal ini yang menjadikan goa Gong lain dari goa-goa yang lain di Pacitan


• DANAU KAOLIN
 Danau Kaolin adalah sebuah danau yang memiliki warna daratan yang putih bersih dan air yang berwarna biru menyala. Danau ini bukan berasal dari kawah gunung seperti Danau Kawah Putih Ciwidey atau Kawah Putih Tinggi Raja, danau terbentuk dari bekas tempat pertambangan Kaolin yang telah ditinggalkan dan alam menyempurnakan dengan keindahannya. Sedikit pengetahuan tentang Kaolin. Kaolin adalah suatu mineral sebagai bahan industri seperti kosmetik, kertas, makanan, pasta gigi dan Kaolin digemari karena sifatnya yang halus, putih, kuat, halus serta daya hantarlistrik dan daya hantar panas yang rendah. Pemandangan yang begitu mempesona sepanjang mata melihat. Timbunan-timbunan galian seperti bukit disekitar area danau yang sekilas seperti Gunung Bromo mini tetapi berwarna putih
3. Wisata Kuliner Segala sesuatu yang berhubungan dengan makanan dan cita rasa itu adalah wisata kuliner. Beberapa restoran, kedai, angkringan atau jajanan pasar semuanya adalah contoh dari wisata Kuliner. Contohnya adalah Restaurant Kedai Kita.


 • RESTAURANT KEDAI KITA
 Kedai Kita merupakan salah satu kuliner tempat makan yang wajib dicoba. Alamatnya berada di kompleks Taman Kencana, tepatnya di Jalan Pangrango No. 21 Bogor. Dan sudah buka cabang di jakarta. Disini terkenal akan pizza kayu bakar. Pizza yang dibakar dengan menggunakan tungku kayu bakar sehingga menghasilkan pizza dengan rasa yang dibanding pizza yang ada ditempat lain. Toping Pizza bakar ini pun beragam seperti beef pepperoni, Hawaiian, BBQ smoked beef, tuna dan lain sebagainya. Selain pizza kayu bakar, menu yang disajikan disini juga beraneka ragam. meskipun nama resto yang satu ini terkesan Indonesia sekali, tapi menu yang disediakan kebanyakkan justru masakan luar, seperti soup, steak, fries, pasta, lasagna, oriental menu dan steamed rice platters. Konsep resto ini ditata sedemikian rupa seolah-olah sedang makan di pekarangan rumah besar tua. Dengan tata cahaya remang-remang kekuningan, resto ini cukup cozy dan homey. Untuk harga sekitar IDR 25ribu ke atas untuk makanannya. Pizzanya pun tidak terlalu mahal, sekitar IDR 60ribu, tergantung jenis pizza yang kita pesan. Pizzanya terdiri dari 6 slice yang ukurannya cukup besar dan rotinya bertekstur empuk. Untuk base sauce nya menggunakan BBQ sauce jadi rasanya agak gurih. Hampir semua smoke beef nya tertutup keju mozzarela dan melty ketika dimakan. Tidak hanya keju mozza tapi juga disertakan keju parmesan untuk menambah cita rasa cheesy pada pizzanya. Bisa dicoba untuk menu pembukanya yaitu Pangsit Goreng yang seporsinya berisi 6 pcs yang disajikan di piring besar. Bentuk pangsit gorengnya besar-besar dan lebar-lebar. Rasanya pun juga gurih dan kriuk-kriuk. Disajikan dengan saus sambal sebagai pelengkapnya. Memang lebih enak kalau pangsitnya dicocolkan ke saus sambalnya 4. Wisata Kesehatan Wisata Kesehatan yang mempunyai suatu gerak atau kegiatan wisata yang bertujuan untuk memberikan kesehatan yang ditawarkan kepada publik, Seperti wisata di daerah yang sejuk atau wisata di pemandian air hangat yang memberikan manfaat untuk pengobatan kulit. Contohnya : Pemandian air panas Ciater terletak di Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat.
 • Scientific tourism yaitu perjalanan wisata yang tujuan pokoknya adalah memperoleh pengetahuan atau penyelidikan terhadap suatu bidang ilmu pengetahuan. Seperti contohnya wisata ke Benteng Marloborough


 • BENTENG MARLBOROUGH
 Benteng Marloborough Terletak tak jauh dari Pantai Tapak Paderi, terdapat sebuah benteng bernama Benteng Marlborough. Benteng ini merupakan peninggalan sejarah yang dulunya pernah menjadi benteng pertahanan Bengkulu, tempat perdagangan komoditi lada, dan pusat pengawasan jalur Selat Malaka. Dilihat dari arsitekturnya, benteng yang berdiri kokoh di atas tanah seluas 44.000 meter persegi ini memiliki keunikan bentuk menyerupai kura-kura. Di dalam benteng ini terdapat beberapa meriam, terowongan, dan ruang tahanan. Katanya juga sih, benteng ini pernah dipakai sebagai tempat penahanan Bung Karno. 6. Wisata Seni Wisata seni adalah wisata yang menyajikan hasil-hasil karya dari seorang seniman, hasil dari beberapa keindahan, keunikan terhadap sesuatu, Contohnya: galeri seni, atau Galeri batik dll. Seperti : ruang rupa di Jakarta Selatan. • Special mission tourism yaitu perjalanan wisata yang dilakukan dengan suatu maksud khusus, misalnya misi kesenian. Seperti datang ke Ruang Rupa di Jakarta Selatan ini.


 • RUANG RUPA
 Ruang Rupa adalah sebuah komunitas seni yang didirikan oleh beberapa seniman pada tahun 2000. Ruang Rupa mendukung ide-ide seni yang memiliki konteks urban maupun kultural, dengan mengikutsertakan para seniman yang berasal dari berbagai latar belakang disiplin untuk memberikan pandangan yang kritis terhadap isu-isu urban yang ada di Indonesia melalui benda-benda seni.Lokasi berada Tebet Timur Dalam Raya, No. 6. Jakarta Selatan.
7. Wisata Tirta Wisata Tirta Adalah wisata yang berhubungan dengan air, seperti wisata di Taman berenang, atau wisata di pemancingan dan pemandian. Contohnya : kolam renang Hanging Gardens Hotel di Bali.


 • HANGING GARDENS HOTEL

 Sudah ada beberapa hotel di Indonesia yang merupakan salah satu hotel terbaik di dunia. Hotel tersebut bukan hanya mewah dan memberikan pelayanan yang memuaskan, tapi juga memiliki spa dan resort yang keren. Bali sudah dikenal untuk pemandangan indah dan pantai memukau, Bali memanfaatkan keindahan alamnya untuk dinikmati dengan berbagai cara, salah satunya dengan kolam renang. Sebagai bagian dari Ubud Hanging Gardens Hotel, Infinity Pool adalah kolam renang yang menghadap hutan lebat. Para tamu dapat berenang ke tepi kolam renang sambil menikmati pemandangan hutan yang menakjubkan.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar